Pernahkah Kamu merasa senang bisa mendapatkan kembali sebagian uang yang dikeluarkan saat berbelanja? Itulah yang disebut dengan cashback. Apa itu cashback? Cashback merupakan program pengembalian yang diberikan kepada penjual kepada pembeli setelah melakukan transaksi pembelian. Misalnya, ketika Kamu membeli sebuah smartphone di toko online A, Kamu akan mendapatkan cashback sebesar 5% dari harga pembelian. Uang cashback ini juga bisa Kamu gunakan untuk berbelanja lagi atau ditarik tunai. Dalam beberapa tahun terakhir, cashback semakin populer dan menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk menarik konsumen. Platform e-commerce seperti Shopee seringkali menawarkan program cashback untuk produk tertentu atau momen khusus seperti harbolnas. 

Keuntungan Cashback

Mengapa cashback sangat begitu menarik? Keuntungan menggunakan cashback inilah yang menjadi daya tarik bagi konsumen seperti:

1. Menghemat Pengeluaran

Dengan adanya cashback, dapat membuat kita berhemat. Uang cashback yang diperoleh dapat digunakan untuk membeli barang lain, membayar tagihan, atau bahkan untuk menabung.

2. Meningkatkan Daya Beli

Cashback memungkinkan kita untuk membeli barang atau jasa dengan anggaran yang sama terutama untuk membeli barang yang harganya cukup mahal. 

3. Mendapatkan Produk Gratis 

Beberapa program cashback juga menawarkan hadiah berupa produk gratis setelah mengikuti misi tertentu.Hal ini membuat kita bisa mendapatkan produk gratis dengan sistem cashback 100%

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Program cashback juga mendorong konsumen untuk terus berbelanja di tempat yang sama, sehingga meningkatkan loyalitas konsumen

5. Mendapatkan Pengalaman Belanja yang Lebih Menyenangkan

Program cashback dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen karena sensasi mendapatkan uang tambahan setelah berbelanja akan membuat pengalaman belanja lebih menyenangkan. 

Dalam artikel ini, kita akan kupas tuntas mengenai cashback, mulai dari mekanisme , jenis-jenis cashback, hingga tips dan trik untuk memperoleh cashback yang maksimal.

Mekanisme Cashback

Secara sederhana mekanisme cashback sebagai berikut:

  1. Transaksi: Konsumen melakukan transaksi pembelian secara online maupun offline pada merchant yang menawarkan program cashback. 
  2. Pencatatan Transaksi: Transaksi yang dilakukan akan tercatat dalam sistem merchant 
  3. Perhitungan Cashback: Sistem merchant akan menghitung jumlah cashback yang diberikan konsumen
  4. Perhitungan Poin: Beberapa program cashback menggunakan sistem poin. Sistem transaksi akan menghasilkan poin tertentu. Poin yang diperoleh dapat ditukarkan dengan uang tunai atau voucher. 
  5. Pencairan Cashback: Cashback dapat diperoleh dengan dicairkan dalam bentuk uang tunai, voucher, poin rewards. 

Contoh Kasus:

Kamu membeli sebuah baju seharga Rp200.000 di sebuah toko online yang menawarkan cashback 10%. Setelah transaksi selesai, sistem akan secara otomatis menghitung cashback yang didapatkan sebesar Rp20.000. Cashback akan ditambahkan langsung ke saldo akun Kamu atau ke rekening bank Kamu. 

Mari kita bahas tentang perbedaan cashback dan diskon? Diskon diberikan langsung saat transaksi, sedangkan cashback biasanya diberikan setelah transaksi selesai. Cashback memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi karena uang cashback bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diskon digunakan untuk pemotongan harga. Cashback dapat digunakan dengan program loyalitas, sehingga bisa memberikan manfaat tambahan seperti poin rewards atau akses eksklusif. 

Jenis-Jenis Cashback

Cashback dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara pemberian dan manfaatnya sebagai berikut.

1.Cashback Tunai

Cashback tunai merupakan jenis cashback yang diberikan langsung dalam bentuk uang tunai. Setelah transaksi selesai, jumlah cashback akan ditransfer ke rekening bank atau saldo akun konsumen 

2. Cashback Poin

Cashback poin adalah cashback yang diberikan oleh merchant dalam bentuk poin. Poin ini dapat ditukarkan dalam bentuk produk, voucher, atau uang tunai. Setelah melakukan transaksi akan memperoleh poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan ketentuan yang berlaku. 

3.Cashback Voucher

Jenis cashback ini diberikan dalam bentuk voucher. Voucher dapat digunakan dalam berbelanja di merchant untuk mengurangi harga pembelian pada transaksi berikutnya. 

4.Cashback Produk

Cashback produk merupakan cashback yang diberikan dalam bentuk produk gratis. Setelah mencapai target belanja tertentu, konsumen bisa mendapatkan produk gratis seperti hadiah. 

5. Cashback Berjenjang

Cashback adalah jenis cashback yang menawarkan jumlah persentase cashback yang lebih tinggi apabila memiliki status tertentu. 

Tips Mendapatkan Cashback Maksimal

Setelah mengetahui banyak hal tentang cashback, kita akan membahas bagaimana cara untuk mendapatkan cashback yang cerdas untuk menghemat pengeluaran. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih platform yang tepat. Cari tahu platform mana yang akan menawarkan persentase cashback tertinggi untuk produk atau layanan yang Kamu butuhkan. Caranya adalah membandingkan penawaran yang diberikan, baca syarat dan ketentuan, serta baca ulasan dari pengguna platform. Setelah kita mengetahui platform mana yang menguntungkan, kita bisa memanfaatkan promo cashback dengan memantau promo yang  menggabungkan promo cashback dengan diskon atau gratis ongkir. Kamu juga perlu membuat daftar barang yang ingin Kamu beli untuk menghindari pembelian yang impulsif. Pastikan kamu juga menukarkan poin atau saldo cashback sebelum kedaluwarsa. 

Salah satu contoh platform yang menawarkan cashback yang menarik adalah MyNuri yang merupakan platform affiliate commerce di Indonesia yang bisa memberikan cashback hingga 100%. Setiap bulan MyNuri juga memiliki promo-promo saat tanggal kembar, akhir bulan,dan lain-lain.

Kesimpulan

Cashback adalah program pengembalian uang yang semakin populer sebagai strategi pemasaran. Dengan memahami mekanisme kerja, jenis-jenis, dan keuntungan cashback, kita dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk menghemat pengeluaran. Cashback tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tetapi juga meningkatkan pengalaman berbelanja. Manfaatkan berbagai platform cashback yang tersedia dan jangan lewatkan setiap kesempatan untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih! Daftar di MyNuri untuk mendapatkan cashback secara maksimal!

Belanja online dimanapun? #KlikMyNuriDulu

Leave a Reply